TKI Menjadi Komoditi Untuk Menambah Pendapatan Negara

04/03/2008 | 13:24:48
SuryaLive | Medan – Meski layanan penempatan tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri cukup baik, namun perlindungannya tidak maksimal, sehingga TKI dinilai tidak lebih dari sekedar komoditi untuk memperbesar pendapatan negara.

Dosen hukum ketenagakerjaan Universitas Medan Area, H.Baharuddin Armaya SH M.Hum mengatakan, ketentuan dalam UU Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri cukup bagus, tapi pemerintah sebagai pengawas dan pelaksana peraturan tersebut dinilai tidak serius dan maksimal dalam melaksanakannya, Selasa (4/3)

Meskipun di setiap negara yang menjadi lokasi TKI bekerja, Indonesia memiliki perwakilan, seperti Duta Besar atau Konsul Jenderal. Namun, perwakilan tersebut tidak berupaya melaksanakan fungsinya untuk melindungi TKI yang merupakan bagian dari bangsa Indonesia.

Lebih mengesankan lagi, banyak Duta Besar atau Konjen tersebut tidak mengetahui jumlah TKI di negaranya bertugas. “Kondisi itu juga menyebabkan perwakilan pemerintah di negara sahabat itu tidak mengetahui jika ada TKI yang mengalami perlakuan yang tidak wajar,” kata Armaya.

Dia menilai, banyak rakyat menjadi TKI disebabkan ketidakmampuan pemerintah menyediakan lapangan kerja, walaupun ada gaji yang ditawarkan sangat tidak wajar dan tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

TKI yang berpendidikan rendah dan dipekerjakan sebagai pembantu rumah tangga di dalam negeri itu sering digaji sekitar Rp 300 ribu saja perbulan, jika di luar negeri mereka bisa mendapatkan gaji jutaan rupiah, sehingga tidak mengherankan banyak yang “tergiur” menjadi TKI, tambah Armaya.

Saat ini, yang menjadi tugas pemerintah adalah memberikan perlindungan kepada para TKI agar mereka tidak menerima perlakukan tidak wajar di luar negeri. Dengan demikian keberadaan TKI tidak lagi sekedar menjadi komoditi untuk menambah pendapatan negara, katanya. ant

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: