International Women’s Day: Pemerintas Harus Selesaikan Kasus PRT di LN

08/03/2008 16:12 wib – Nasional Aktual
Jakarta, CyberNews. Banyaknya kekerasan, penipuan dan penganiayaan kepada PRT Migran Indonesia membuat Migrant CARE sangat prihatin. Untuk itu, Migrant CARE menuntut Pemerintah RI untuk segera mengakui PRT Migran sebagai pekerja formal yang dilindungi hukum.

Pemerintah juga diminta untuk menuntaskan kasus-kasus kekerasan, diskriminasi dan bentuk-bentuk pelanggaran HAM seperti kasus Ceriyati, Nirmala Bonat, PRT Migran yang terjebak di negara konflik, kematian PRT migran akibat penyiksaan, PRT Migran yang terancam hukuman mati, serta memulangkan jenazah Yanti Iriyanti dan jenazah-jenazah lainnya, dan kasus-kasus lainnya.

Padahal, menurut Migrant CARE, PRT Migran Indonesia adalah perempuan-perempuan yang telah menggerakkan ekonomi keluarga sekaligus juga perekonomian negara. Namun kontribusi mereka belum pernah terapresiasi, yang terjadi justru sebaliknya, para perempuan pahlawan devisa tersebut hingga kini belum mendapatkan haknya untuk memperoleh jaminan hukum atas pemenuhan hak-hak sebagai pekerja dan hak asasi mereka.

“Realitas menunjukkan dunia PRT Migran Indonesia adalah dunia yang berlumuran dengan kekerasan, diskriminasi dan ketidakadilan. Dan pemerintah sebagai pemangku kebijakan justru diduga melestarikan dan abai terhadap berbagai ketidakadilan yang menimpa PRT Migran Indonesia,” kata Direktur Eksekutif Migrant CARE Anis Hidayah.

Menurut Anis fakta tersebut tampak dalam penyelesain kasus 4 PRT Migran yang menjadi korban penyiksaan majikan di Saudi Arabia. Pemerintah Indonesia (dalam hal ini Deplu) membiarkan praktek impunitas, penuntasan kasus tanpa proses hukum, dengan mendorong dan memfasilitasi berlangsungnya perdamaian antara korban dan majikan.

“Langkah Deplu tersebut jelas menjadi cerminan buruk bagi penegakan HAM PRT Migran Indonesia, mengingat saat ini masih banyak kasus-kasus yang belum tuntas,” kritik Anis.
 
(MH Habib Shaleh /CN08)

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: