Statemen Hari Tani 2007: Wujudkan Reforma Agraria Sejati!

Pernyataan Sikap Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia Hong Kong (ATKI-HK) Dalam Memperingati Hari Tani Nasional 2007

Laksanakan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) No 5 1960 dan Wujudkan Reforma Agraria Sejati!

Meningkatnya kasus-kasus kekerasan yang dilakukan Negara dalam menyelesaikan konflik-konflik agraria, yang selalu menempatkan kaum tani sebagai korban, melahirkan kepedihan untuk kita. Sebagai mayoritas dalam populasi Indonesia, kaum tani Indonesia sampai hari ini masih terbelenggu oleh sistem agraria yang tidak demokratis dan kekerasan.
Masih mendominasinya feodalisme di pedesaan, membuat mayoritas kaum tani di Indonesia, harus mengais-ngais mencari penghidupan, dengan akses terhadap sumber-sumber agraria yang terbatas.

Kontras dengan persoalan yang dialami kaum tani. Investasi asing yang terbukti merusak dan merampok kekayaan alam Indonesia, terus menerus mendapatan fasilitas khusus dari rezim SBY-Kalla, bahkan dengan mengorbankan kaum tani, seperti yang terjadi di Papua, Tanak Awu, dan Kulon Progo akhir-akhir ini, dan dibanyak tempat lainnya.
Sebagai bagian dari kaum Tani, buruh migran Indonesia (BMI) telah merasakan, bagaimana sistem agraria yang tidak demokratis ini, juga telah memaksa jutaan pemuda-pemuda desa meninggalkan keluarganya dan kampung halamannya, untuk mengadu nasib ke kota-kota besar bahkan ke luar negeri, hanya karena tidak ada lagi pekerjaan untuk menopang hidup di desanya.
Tidak berhenti sampai disitu, rezim boneka ini juga, menjadikan jutaan pemuda-pemudi desa komoditas buruh murah yang di ekspor kenegara-negara lain untuk menopang roda produksi Imperialis melalui Labor export Program (LEP).
Sehingga, bagi BMI, perjuangan kaum tani untuk menegakan kedaulatannya, adalah juga perjuangan BMI untuk memperjuangkan kehidupan yang lebih baik, dimana keluarga tidak dipisahkan, hanya karena alasan untuk bertahan hidup.
Untuk itu, dalam memperingati hari tani 24 September 2007, Asosiasi tenaga Kerja Indonesia Hong Kog (ATKI-HK) menyatakan sikap:
1. Laksanakan UUPA No. 5 Tahun 1960 dan laksanakan reforma agrarian sejati
2. Hentikan segala bentuk kekerasan terhadap kaum tani sekarang juga
3. Tolak kebijakan Program Pembaruan Agraria Nasional (PPAN) dan cabut Undang-Undang Penanaman Modal (UUPM) No 25 tahun 2007
Hong Kong 24 September 2007

Eni Lestari
Ketua ATKI-HK

Alamat: c/o APMM, No.2 Jordan Road, Kowloon Hong Kong SAR.
Telp: (852) 2723-7536. Fax : (852) 2735-4559.
Email: atkihk_2000@yahoo.com Blog: atkihongkong.blogspot.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: