Hentikan Eksploitasi terhadap BMI, Cabut SE 2258 Sekarang Juga

27january2008.jpg 

Siaran Pers
27 Januari 2008
 
“Kapankah pemerintah Indonesia bersungguh-sungguh melindungi BMI. BMI dilemparkan ke mulut Srigala, dan pemerintah masih mengatakan itu adalah perlindungan”
Statement tersebut dilontarkan Eni Lestari, Kordinator Persatuan BMI Anti Overcharging (PILAR) dalam aksi yang digelar PILAR di depan konsulat RI di Hong Kong, hari ini, minggu 27 Januari 2008.
Aksi  ke empat yang digelar PILAR ini adalah sebagai respon terhadap kebijakan baru KJRI Hong Kong yang melarang BMI untuk berganti Agency, sebelum BMI tersebut bekerja di satu agency selama dua tahun (surat Edaran No. 2258/2007).
 
Dialog BMI dan KJRI
Setelah beberapa kali BMI melakukan demo ke Konsulat, akhirnya KJRI Hong Kong mengundang BMI untuk berdialog, dan mereka menjanjikan Ferry Adamhar, Konjen RI untuk Hong Kong, akan bertemu langsung dengan BMI untuk mendiskusikan tentang tuntutan BMI.
Namun, dialog yang dilakukan pada hari minggu 27/01/2008 ini, ternyata tidak menghadirkan Konjen RI . Konsulat hanya menghadirkan staff KJRI untuk berdialog. selama proses dialog, para staff KJRI Hong Kong hanya memaparkan keberhasilan KJRI Hong Kong selama ini, tanpa sedikitpun menmbahas tuntutan BMI. Melihat hal tersebut, Koordinator PILAR, Eni Lestari, melakukan interupsi presentasi staff Konsulat tersebut, dan mengatakan, apa yang dilakukan Konsulat adalah penghinaan terhadap tuntutan BMI, “Konsulat sendiri yang mengundang BMI untuk hadir dalam dialog ini, dan Konsulat sendiri yang menjanjikan menghadirkan Konjen Ri di Hong Kong Ferry Adamhar, tapi nyatanya, kita disini ditipu, dan kalian masih bilang ini adalah niat baik pemerintah terhadap warganya” teriak Eni dalam forum tersebut.
“Bagi kami BMI, tindakan ini adalah bentuk penghinaan pemerintah terhadap tuntutan BMI, dan juga pemerintah telah memaksa kita untuk terus menggelar demonstari, untuk itu, PILAR akan walk out dari forum ini” tegas Eni yang kemudian bersama delegasi PILAR lainnya, meninggalkan forum.
 
Provokasi terhadap massa aksi.
Setelah delegasi PILAR meninggalkan ruang dialog, mereka bergabung bersama sekitar 250 massa aksi PILAR yang menggelar aksi penolakan SE 2258 di depan konsulat, pada saat bersamaan dengan dialog yang di gelar KJRI HK.
Setelah mendengar penjelasan para delegasi PILAR yang ikut dialog didalam konsulat, massa aksi PILAR semakin marah dan semakin keras meneriakan pencabutan SE 2258.
Namun, tidak berselang lama, dari arah gedung konsulat, melayang satu bungkus plastik yang berisi air, dan jatuh di tengah-tengah massa aksi.
“lagi-lagi pemerintah menunjukan muka mereka sebenarnya, bagi mereka BMI adalah sampah yang bisa diperlakukan seperti ini, namun saya minta masa PILAR harap tenang, kita tidak akan mundur walau mereka memperlakukan kita secara tidak manusiawi” teriak Eni menanggapi insiden tersebut sekaligus untuk menenangkan massa.
 
Aksi tidur di Jalan
Aksi yang dimulai pukul 13.00 ini, juga menampilkan kreasi kesenian BMI, mereka dengan semangat menyanyikan lagu-lagu gubahan mereka.
Sebelum akti ditutup, massa aksi yang berjumlah sekitar 250 orang ini bersama-sama tidur di jalan selama 2 menit sebagai respon matinya demokrasi.
“Sekali lagi kita tegaskan, kita tidak akan menghentikan aksi kita, sampai pemerintah mencabut SE 2258, sekaligus setelah KJRI memperlakukan kita seperti ini, maka hari ini kita juga deklarasikan, kita akan menuntut Ferry Adamhar, Konjen RI di Hong Kong, untuk turun dan dipulangkan ke Indonesia karena gagal melindungi BM, dan juga PILAR sekali lagi mengingkatkan, bahwa tanggal 10 februari nanti,ribuan BMI akan kembali melakukan demonstari untuk menuntut dicabutnya SE 2258 dan diturunkannya Ferry Adamhar” tambah Eni sebelum aksi ditutup.#

ATKI-HK
Assosiasi Tenaga Kerja Indonesia Hong Kong

c/o: APMM, Jordan road no. 2, Kowloon, Hong Kong SAR
phone: +852 23147316 Fax: +852 27354559
blog: http://atkihongkong.blogspot.com

Untuk Referensi :      Eni Lestari –  Juru Bicara – Phone: (852) 96081475

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: