Berikan Keadilan untuk Almarhumah Fitriani

“Bukan hanya ketika masih hidup, bahkan ketika sudah meninggalkan pun, agency masih berupaya untuk mengeruk keuntungan dari Fitriani”Satetement ini dilontarkan Eni Lestari, Ketua Asosiasi Tenaga Kerja Indonesia di Hong Kong (ATKI-HK), menanggapi keterangan keluarga Fitriani, BMI yang terbunuh di Hong Kong 23 Januari 2008 lalu, yang menyatakan bahwa agency yang memberangkatkan Fitriani ke Hong Kong, meminta pihak keluarga Fitriani untuk membayar uang sebesar Rp 1.500.000 untuk biaya transportasi Jenazah, dari Airport Juanda, Surabaya, menuju kediaman Fitriani di Desa Kluwut, Wonosari, Malang, Jawa Timur.
Menurut keluarga Fitriani yang ditemui perwakilan ATKI-HK di Malang, Jawa Timur. Sampai saat ini, pihak keluarga hanya mendengar kabar tentang kematian anak mereka dari teman Fitriani di Hong Kong dan pihak kepolisian Hong Kong .
Pihak keluarga Fitriani juga menambahkan, pada tanggal 26 Januari, pihak agen yang mengirim Fitriani pernah datang ke kediaman keluarga Fitriani di Malang, dan saat itu pihak agency memberitahukan tentang kematian Fitriani, sekaligus meminta uang untuk proses pengiriman Jenazah, sebesar Rp. 1,5 juta.
Menurut Eni Lestari “Pemerintah Indonesia hanya sibuk mengeruk devisa para BMI, tapi tidak mau mengurus BMI, keluarga Fitriani memiliki hak untuk mengetahui perkembangan kasus putri mereka, namun hingga saat ini, pihak pemerintah tidak pernah memberikan hak keluarga korban”
Menurut peraturan pemerintah Hong Kong, keluarga Fitriani, selain memiliki hak mengetahui perkembangan pengusutan kasus yang menimpa anak mereka, pihak keluarga juga berhak atas kompensasi dari Departemen Sosial Hong Kong, Asuransi di Hong Kong, dan biaya pengiriman dan penguburan Jenazah ditanggung pemerintah Hong Kong, namun sampai saat ini, pihak keluarga Fitriani tidak pernah mengetahui hak mereka tersebut.
 “ATKI akan terus bersama keluarga Fitriani untuk menuntut keadilan, dan pemenuhan hak-hak Fitriani yang belum terbayar” tambah Eni.#
ATKI-HK
Assosiasi Tenaga Kerja Indonesia Hong Kong

c/o: APMM, Jordan road no. 2, Kowloon, Hong Kong SAR
phone: +852 23147316 Fax: +852 27354559
blog: atkihongkong.blogspot.com

Eni Lestari
Juru Bicara di Hong Kong
Phone (852) 96081475
Ulfah (Serikat Perempuan Indonesia)
Juru Bicara di Malang, Jawa Timur
Phone (62) 85664081767

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: